Self Love

 

   Apakah kalian pernah mendengar tentang insecure? Pasti banyak sekali dari kalian yang selalu update di medsos dan mendengar kata-kata ini. Hemm...sebenarnya apa itu insecure?

   Nah kali ini aku mau ngejelasin tentang arti insecure menurut psikologi. Insecure itu merupakan sebuah upaya dari adanya emosi yang terjadi apabila kita menilai diri kita menjadi seorang inferior dari orang lain. Kemudian mengenai suatu aspek tertentu yang terjadi di dalam kehidupan kita yang bisa kita anggap sebagai kehidupan yang relevan, serta hal- hal yang menjadi penilai dapat menimbulkan vaensi negative di dalam perasaan yang kita miliki.

   Bingung ya? Intinya insecure itu sebuah perasaan yang bakal bikin kita merasa kurang atau tidak mampu, dan akhirnya kita tidak bisa menghadapi suatu tantangan, atau biasanya kita anggap sebagai hal yang tidak memenuhi standar tertentu dari diri orang lain maupun diri kita sendiri.

   Sebenarnya setiap orang memiliki rasa insecurenya sendiri, hanya saja rasa insecure itu terkadang timbul lebih besar pada saat-saat tertentu. Tetapi permasalahan muncul Disaat hal tersebut membuat kita berkecil hati dan sulit untuk melangkah. Pasti akan terasa sangat sulit bagi beberapa individu dengan hati yang "rapuh".

   Sebenarnya bagaimana contoh perasaan insecure itu?

   Begini, kalian pasti pernah merasakan pada saat berada di sebuah circle atau perkumpulan bahkan di keramaian, perasaan tidak percaya diri dan kalian berkata di dalam hati 

"Mereka cantik-cantik ya, nggak pantes deh aku mendekat, aku kan jelek"

"Aku pasti kalah deh kalau ikut seleksi lomba ini, mereka kan pinter, gausah ikut deh, ini mah bunuh diri namanya"

"Sumpah dia cantik banget, langsing lagi, apa dayaku yang lemak dimana mana, hih sebel deh nggak kurus kurus"

"Aku bodoh banget sih, mereka bisa kuliah, aku kok nggak?"

"Mana bisa aku berteman sama mereka, mereka kan orang kaya"

   Seberapa sering kalian berkata atau sekedar memendam kalimat-kalimat tersebut di dalam hati? Sebenarnya hal inilah yang menyebabkan insecure dalam diri kita bertumbuh semakin besar. Sikap membandingkan diri kita dengan orang lain yang sebenarnya tidak selalu dibutuhkan bagi diri kita yang membuat mental kita semakin tidak sehat. Terlebih lagi saat kita membandingkan kelebihan orang lain dengan kelemahan kita, tidak sepadan kan?

   Terkadang kita juga lupa bahwa kita terlalu egois mengharapkan kasih sayang dan cinta dari orang di sekitar kita, tetapi kita lupa bahwa kita harus mulai mencintai diri kita sendiri terlebih dahulu.

   Apakah saya pernah merasa insecure? Pasti. Jangan memikirkannya seberat itu. Semua orang pasti pernah merasakannya. kalian tidak sendiri. Perasaan insecure ini juga dapat diminimalisir, dengan catatan ada kemauan dan motivasi dari dalam diri kalian sendiri.

   Sebenarnya selain sikap membandingkan kelebihan dan kelemahan, kendala seseorang akan merasa insecure adalah overthinking atau berpikir secara berlebihan. Janganlah kalian merasa rendah diri, lalu terpuruk sampai tidak mempedulikan hal-hal sekitar yang telah kalian lewatkan, bahkan hal tersebut akan mempengaruhi kesehatan fisik kalian. Lalu bagaimana tips agar kita bisa mengabaikan perasaan tersebut atau mengurangi insecure?

Pertama, lakukanlah hal-hal yang menyenangkan dan bermanfaat sesering mungkin. Misalkan dengan beramal atau berbagi kepada mereka yang membutuhkan. Dengan aktivitas tersebut kita bisa mengetahui bahwa ternyata kita masih diberikan kenikmatan dan keberuntungan yang lebih daripada mereka, sehingga kita sadar bahwa tidak sepatutnya kita merasa rendah diri

Kedua, tulislah rencana atau hal-hal positif yang akan kalian lakukan 

Ketiga, carilah potensi dan kelebihan dari diri kalian, jangan terlalu fokus terhadap kekurangan yang kalian miliki. Ingat bahwa mereka yang terlihat sempurna dimata kalian, juga memiliki kekurangan.

Keempat, kalian boleh membandingkan diri kalian dengan orang lain tetapi harus sepadan, bandingkan kelebihan mereka dengan kelebihanmu

Kelima, carilah seseorang yang kalian percaya untuk mendengar cerita dan keluh kesah kalian. Jangan ragu untuk menceritakannya, karena setiap orang memiliki kekurangannya masing masing.

Keenam, asah bakat dan minat kalian sehingga bisa meningkatkan kepercayaan diri

Ketujuh, ukur intensitas dalam bergaul dan berikan dirimu me time

Kedelapan, jadilah diri sendiri. Jangan menjadi orang lain agar disukai banyak orang. Tunjukkan jati dirimu

Kesembilan, bergaul dengan orang-orang yang positif

Kesepuluh, kurangi mendengarkan berita atau hal-hal negatif

Komentar